Tedhak Siti Alia

Tedhak siti atau ada yang menyebut dengan tedhak siten atau bahasa paling umum adalah turun tanah merupakan salah satu tradisi Jawa yang dijalani oleh anak ketika berumur 7 bulan.

Lebih lanjut, tertera di wikipedia bahwa Tedhak artinya turun atau menapakkan kaki, Siten dari kata siti artinya tanah atau bumi. Jadi tedhak siten berarti menapakkan kaki kebumi. Ritual tedhak siten menggambarkan persiapan seorang anak untuk menjalani kehidupan yang benar dan sukses dimasa mendatang, dengan berkah Gusti, Tuhan dan bimbingan orang tua dan para guru dari sejak masa kanak-kanak.

Pandakecil.com Copyrighted

Kalya Nabila Ardelia, juragan cilik kami, hari ini resmi menapakkan kaki untuk pertama kalinya. Foto di atas adalah tetek bengek peralatan yang digunakan untuk melakukan tradisi tedhak siti. Ada sebuah sangkar ayam yang dihias sedemikian rupa. Gara-gara menghias sangkar ayam ini, Mama dan Papa harus bergadang semalam suntuk sementara yang punya gawe bisa tidur dengan tenang. Selain itu ada berbagai macam benda (uang, buku, pensil, gadget, dll) yang nanti akan dipilih oleh si bocah yang katanya dapat menggambarkan kepribadiannya kelak.

Pandakecil.com Copyrighted

Pertama-tama Alia harus menuruni tangga yang terbuat dari batang pohon tebu (tentunya Alia belum bisa turun sendiri ya.. jadi tetap dibantu mama). Sampai ke bawah Alia langsung menapakkan kaki di ketan warna-warni (kami biasa menyebutnya “tetel”) yang terdiri atas tujuh warna. Ketan warna-warni ini berakhir pada sebuah bak berisi air hangat dan bunga untuk mandi Alia.

Berhubung juragan kecil sudah mulai rewel, jadi acara mandinya kilat saja dan langsung ganti baju. Sebenarnya yang betul adalah Alia harus dimasukkan ke dalam sangkar ayam untuk memilih benda-benda yang disukai. Tapi yaa.. karena starting point-nya tadi sudah agak rewel bisa ditebak kalau Alia protes-protes heboh ketika dimasukkan ke dalam sangkar.

Pandakecil.com Copyrighted

Akhirnya Alia menemukan posisi nyamannya dengan duduk di depan sangkar dan mulai memilih benda-benda di hadapannya dengan penuh minat.

Benda pertama yang diambil Alia adalah… *drum rolls*…. teretetettt… kalung emas !! (Sepertinya Alia nanti bakal suka investasi emas ya  ?! *berusaha menghindarkan dari kata -bakal suka dandan pakai perhiasan- hehehe..)

Berikutnya benda kedua yang diambil Alia adalah jam tangan yangti Tutie (yang terbuat dari emas juga !!! ahhh !!! nampaknya Alia bakal suka barang mahal !! ) :D

Dan akhirnya, setelah bosan dengan dua benda blink-blink yang dipilih,  Alia kemudian  mengambil handphone milik papa. Semoga kelak Alia menjadi putri yang suka investasi seperti mama dan piter seperti papa ya… (^,^)V

Pandakecil.com Copyrighted

Acara tedhak siti ini seperti biasa tidak mengundang banyak orang hanya keluarga inti dan seluruh karyawan WHN. Nah.. karena ada embel-embel karyawan kantor jadi nampaknya sudah cukup rame ya… :D

Alhamdulillah ..acara berjalan lancar, dan harapan kami semua semoga Alia tumbuh menjadi putri yang sehat, pintar dan bersahaja di kemudian hari.

Amiin ya rabbal alamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>